Rabu, 07 Desember 2011
PERIHAL ANAK BERMASALAH
PERIHAL ANAK BERMASALAH
- Definisi Anak Bermasalah
Seorang siswa dikategorikan sebagai anak yang bermasalah apabila ia menunjukan gejala-gejala penyimpangan dari perilaku yang lazim dilakukan oleh anak-anak pada umumnya
Penyimpangan prilaku ada yang sederhana ada juga yang ekstrim. Penyimpangan perilaku yang sederhana contoh: mengantuk, suka menyendiri, kadang terlambat datang, sedangkan yang ekstrim missal sering membolos, memeras teman, ataupun tidak sopan kepada orang lain juga pada gurunya.
- Sebab-Sebab Bermasalah
Secara garis besar pangkal soal masalah-masalah siswa dapat dikelompokkan menjadi dua diantaranya sebagai berikut:
1) Internal
Sebab internal ialah sebab yang berpangkal dari kondisi si murid itu sendiri. Hal ini bisa bermula dari adanya kelainan fisik maupun kelainan psikis.
- Kelainan Fisik
Anak yang menderita kelainan fisik akan merasa tertolak untuk hadir ditengah-tengah temannya yang normal. Agar merika tidak tersisihkann dengan teman yang normal maka untuk masa depannya negara menyelenggarakan pendidikann yang khusus untuk mereka .
- Kelainan Psikis
Kelainan psikis ialahh kelainan yang terjadi pada kemampuan kecerdasan atau berpikir seorang anak. Kelainan ini secara inferior/lemah maupun superior/kuat.
Kecerdasan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
Ideot : I.Q. kurang dari 30
Embisil : I.Q. 30-49
Debil : I.Q. 50-69
Border Line : I.Q. 70-79
Bodoh : I.Q. 80-89
Sedang, rata-rata : I.Q. 90-109
Cerdas : I.Q. 110-119
Cerdas sekali : I.Q. 120-139
Genius : I.Q. 140- ke atas
Kelainan inferior dalam kecerdasan meliputi : Ideot, Embisil, debil, border line, dan bodoh. Anak dalam kecerdasan ini akan sangat tersiksa bila dikumpulakan dalam 1 kelas denga anak-anak rata-rata.
Anak-anak yang superior dalam arti memiliki tarap kecerdasan yang cerdas sekali atau bahkan genius juga merasa tertekan apabila harus disatukan dengan anak-anak pada umumnya.
Alternatif terbaik untuk mendidik mereka adalah dengan mengumpulkan mereka pada satu kelas tersendiri atau bahkan satu sekolah khusus yang mendidik mereka.
2) Eksternal
Sebab-sebab eksternal adalah sebab yang hadir dari luar murid. Sebab eksternal berpangkal dari:
- Keluarga
- Pergaulan
- Pengalaman hidup
- Bentuk-Bentuk Masalah
Bentuk masalah yang dihadirkan siswa dapat dibagi menjadi dua sifat, Regrasif dan Agresif. Bentuk-bentuk yang bersifat regresif antara lain : suka menyendiri, pemalau, penakut, mengantuk, tak mau masuk sekolah. Sedakan yang bersifat agresif antara lain: berbohong, membikin onar, memeras teman, beringas dan periaku lain yang menarik perhatian.
Perilaku yang bersifat regresif biasanya ditunjukan oleh anak dengan kepribadian introfet sedangkan yang besifat agresif biasanya ditunjukkan oleh anak dengan kepribadian ektrovet. Namun hal ini tidak bisa dijadikann patokan yang kaku.
Secara sistematis langkah yang perlu diambil untuk menangani anak yang bermasalah:
ü Memanggil dan menerima anak yang bermasalah dengan penuh kasih sayang
ü Dengan wawancara yang dialogis diusahakan dapat ditemukannya sebab-sebab utama yang menimbulkan masalah
ü Memahami keberadaan anak dengan cara sedalam-dalamnya
ü Menunjukkan cara penyelesaian masalah yang tepat untuk direnungkann oleh anak oleh anak kemudiann untuk dikerjakannya
ü Menemukan segi-segi kelebihan anak agar kelebihan itu diaktualisir guru mengatasi kekurangannya
ü Menanamkann nilai-nilai spiritual yang benar
Sumber :
Drs. Mustaqim dkk, 1990. Psikologi Pendidikan. Semarang. Reneka Cipta. Hlm 138-143
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Info Muda Mendunia
Popular Posts
-
Doa saya bagi keberhasilan Anda. Dalam Subuh yang damai ini, kami menyadari bahwa bukan rendahnya temperatur yang paling membekukan kehidupa...
-
CIRI, PERWUJUDAN DAN JENIS BELAJAR Secara teoretis belajar dapat diartikan sebagia perubahan tingkah laku, namu tidak semua perubahan tingka...
-
Mencetak Generasi Islami, Berakhlak Mulia, Cerdas dan Kompetitif Penyebaran agama Islam disebarkan oleh Rosul dan para Wali kita melalui...
-
Media Pembelajaran Pengertian media mengarah pada sesuatu yang mengantar/meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan pe...
-
Profesor Toshiko Kinosita mengemukakan bahwa sumber daya manusia Indonesia masih sangat lemah untuk mendukung perkembangan industri dan ekon...
-
Sabtu, 11 November 2011 “Ketika hidup hanya untuk meminta tanpa mau memberi, sebenarnya saat itu kita tidak hidup, melainkan telah mati sebe...
-
KEJELASAN TUJUAN, KESEGERAAN BERTINDAK, dan KERENDAHAN HATI, adalah tiga kualitas pribadi yang paling berperan membebaskan orang dari kemisk...
-
Cara Mendidik Anak Menurut Islam Praktik pendidikan Nabi Muhammad SAW pada anak-anak dapat di gambarkan di bawah ini: 1. Rasulullah senang...
-
Saat kita sakit adalah saat yang indah untuk merasakan kerendahan hati.Tidak ada orang yang bisa berlaku sombong kepada Tuhan saat dia sakit...
-
Selamat datang di Blog UMY . Ini adalah tulisan pertama Anda. Lanjutkan dengan menuliskan hal-hal lainnya. Selamat blogging di UMY Community.
Arsip Blog
-
▼
2011
(20)
-
▼
Desember
(12)
- LATIHAN NAPAS ATASI SULIT TIDUR
- Kunci Surga Untuk Prajurit Kecil
- Tiga Kualitas Pribadi
- Doa kita.
- Anda disiapkan bagi peran membesarkan kehidupan
- Kartu Kepribadian...(Jurus Ampuh Menghadapi Anak "...
- Benarkah di Ruangan Ini Ada Udara?
- Macam-Macam Puasa
- Kumpulan Shalat Sunnah
- PERIHAL ANAK BERMASALAH
- Tip Membeli Laptop Bekas
- CIRI, PERWUJUDAN DAN JENIS BELAJAR
-
▼
Desember
(12)
Diberdayakan oleh Blogger.
Tags
Artikel
Belajar
Berita
Cerita Inspiratif
ciri perwujudan dan jenis belajar
Dewasa
doa
Education
Generasi muda
Generasi unggul
Golden Ways
Good Teacher
Guru
Investasi
Investasi jangka panjang
Jepang
Kebudayaan
Kolaborasi
Kualitas diri
kumpulan shalat sunah
Learning
Mario Teguh
Menua
Metode Mengajar
Metode Pembelajaran
Motivasi
Pendidikan
Perihaol anak bermasalah
Perpustakaan
Praktikum
Strategi belajar
Teacher
Teaching
Tip membeli Laptop bekas
Tuhan
0 komentar:
Posting Komentar