Rabu, 07 Desember 2011

Tip Membeli Laptop Bekas

Tip Membeli Laptop Bekas


 


Untuk mendapatkan laptop bekas yang ideal, hal-hal berikut perlu diperhatikan:

  • Ø Usahakan membeli di toko.


Jika anda membeli langsung dari pemilik laptop, usahakan orang tersebut anda kenali. Jika ada masalah dikemudian hari, Anda bisa minta konfirmasi ke pemiliknya. Biasanya ada masalah pada sistem ketika ada yang menggunakan password. Anda harus memastikan semua informasi yang diberi password sudah Anda kenali.

 

  • Ø Tetapkan dana sesuai kemampuan anda.


Harga laptop bekas bervariasi, mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 5 juta, tergantung fisik laptop.

 

  • Ø Periksa kondisi baterai


Ketika membeli, usahakan untuk meminta laptop dinyalakan terlebih dahulu. Tunggu berapa lama baterainya bisa bertahan. Kalau lebih dari 1 jam, baterai masih dalam kondisi bagus. Sebaliknya, kalau kurang dari satu jam, Anda bisa menawarnya lagi menjadi lebih murah.

 

  • Ø Periksa kelengkapan laptop.


Seperti : charger, CD driver, dan buku manual, Usahakan semuanya masih lengkap. Kalau kurang, sebaiknya tidak usah dibeli, karena bisa merepotkan. Kalau tidak ada charger, anda harus membelinya terlebih dahulu. Apalagi kalau tidak ada drcer/installer, jika ingin menginstal ulang windows, anda tidak bisa menggunakan laptop dengan sempurna.

 

  • Ø Perhatikan spesifikasi


Hal ini bisa dilihat, misalnya, dari jenis prosesor yang  dipakai, besar memori, hingga jenis kartu grafis. Jika sebuah laptop telah mencantumkan logo Intel Centrino, berarti di dalamnya sudah terkandung komponen khusus yang memungkinkan laptop mengakses data secara nirkabel (tanpa kabel). Hal ini juga berlaku jika ingin membeli laptop refurbished atau laptop bekas. Perhatikan, apakah layarnya memiliki banyak titik piksel yang mati atau tidak, semakin banyak titik tersebut, maka mutunya semakin menurun.

 

  • Ø Minta garansi


Biasanya, laptop bekas ada garansi dari took sekitar satu bulan. Jika ada masalah sampai di rumah dan masih dalam waktu garansi, anda bisa mengembalikannya.

 

  • Ø Lihat isi sistem


Apakah masih berjalan dengan baik atu banyak error. Kalau ternyata sistem operasinya bermasalah, instal ulang saja di toko yang bersangkutan.

 

Sumber

Sudarman S.2009. Tip & Trik Seputar Laptop. Jakarta Selatan. PT Trans Media

 

 

0 komentar:

Info Muda Mendunia

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.